twitter




BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
      Ada beberapa kerajaan pertama di Asia Tenggara yang masih begitu awam di telinga beberapa orang, diantaranya adalah Kerajaan Funan, Chenla dan Angkor.
       Funan merupakan sebuah Kerajaan Hindu purba pertama di Asia Tenggara yang muncul pada abad pertama masehi. Kerajaan ini digabungkan dengan kerajaan Chenla. Pada abad ke-6, kerajaan Funan telah menghantar upeti ke China. "Funan" dalam transkripsi Cina adalah perkataan "pnom" berarti "gunung". (Sumber : wikipedia.com).
Menjelang akhir abad ke-8 M, Chenla runtuh. Bukti pertama dari hal itu adalah matinya kesenian. Akan tetapi walau telah berumur enam abad, kebudayaan Khmer yang dipengaruhi India tidak mengalami jalan buntu. Krisis yang terjadi terutama menyangkut bidang formal dan politik. Struktur pemerintahan yang mendapat pengaruh dari India tak dapat bertahan saat kerajaan Chen-la bertambah luas dan mengalami kesulitan dalam bidang administrasi. Terputusnya hubungan dagang dengan India juga membuat Chen-la kehilangan sumber utama kemakmuran yang dulu dimiliki Fu-nan. Kelahiran Angkor adalah hasil suatu reorganisasi sempurna seluruh masyarakat Khmer dan teknik-teknik pertanian, sebuah revolusi yang tidak diperkirakan orang, yang hanya memperhatikan pembaharuan kesenian dan agama. (Sumber : www.zzzzzzzzz kerajaan angkor.co.id). Sehingga dapat dipastikan antara ketiga kerajaan tersebut terdapat benang merah dalam sejarah berdiri maupun runtuhnya.
B.  Rumusan Masalah
            Dalam makalah ini masalah yang akan dibahas diantaranya meliputi:
1.      Bagaimana sejarah berdirinya kerajaan Funan,Chenla dan Angkor?
2.      Bagaimana perkembangan kerajaan Funan,Chenla dan Angkor pada masa keemasannya?
3.      Bagaimana hubungan  antara kerajaan Funan,Chenla dan Angkor?
4.      Bagaimana kerajaan Funan,Chenla dan Angkor dapat dijatuhkan?
C.  Tujuan Penulis
            Adapun tujuan penulisan makalah ini  adalah :
1.      Memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Asia Tenggara 1;
2.      Dapat memahami sejarah berdirinya kerajaan Funan, Chenla dan Angkor;
3.      Dapat memahami perkembangan kerajaan Funan, Chenla dan Angkor pada masa keemasannya;
4.      Dapat memahami hubungan  antara kerajaan Funan, Chenla dan Angkor yang terkait;
5.     Dapat memahami penyebab kemunduran atau kejatuhan kerajaan Funan, Chenla dan Angkor .
BAB II
PEMBAHASAN
Kerajaan Funan,Cenla dan Angkor
A.  Kerajaan Funan
1.    Sejarah Kerajaan Funan
Kerajaan Funan merupakan kerajaan dengan peradaban maju pada masanya, karena terdapat dalam beberapa sejarah Cina. Kerajaan Melayu Funan bukanlah kerajaan orang gua, tetapi kerajaan hebat yang menjalankan perdagangan dengan pesat sampai ke kota Roma dan Yunani. Berdasarkan artefak-artefak Eropa Kuno yang dijumpai di Vietnam. Sejarah Cina menyebutkan kerajaan ini sebagai Funan atau B'iu-nam dan kewujudan telah disadari sejak awal abad pertama Masehi. Nama ini juga muncul dalam sejarah Cina sekitar 221-280 Masehi dan hilang pada abab ke-7 Masehi. Briggs mengatakan (L.P.Briggs;1999:12) ada kemungkinan Funan hilang dari sejarah sekitar tahun 627 Masehi atau tidak lama selepas itu. Kewujudan kerajaan purba ini cuma dikesan melalui sumber-sumber Cina dan sejumlah prasasti-prasasti yang ditinggalkan. Di samping menggunakan nama-nama Sanskrit, raja-raja negeri ini juga menggelarkan diri mereka sebagai Sailenraja atau 'Raja Gunung'. Dalam bahasa setempat ia mendapat gelar 'kurung bnam' yang juga bermaksud 'raja gunung'. Bangsa Funan dikenal dari rumpun Melayu (D.G.E Hall;1979:34)
Pusat pemerintahannya terletak di bagian hilir Sungai Mekong, namun kawasan pemerintahan meliputi selatan Vietnam, lembah tengah Mekong, lembah Chao Phraya dan Semenanjung Tanah Melayu. Walaupun kota dan pelabuhan utamanya, Oc-Eo terletak di pinggir Teluk Siam, akan tetapi ibukotanya Wijayapura (Wyadhapura) terletak lebih kurang 200 km dari laut berhimpitan dengan bukit Ba Phnom.
Berita pertama tentang kerajaan Melayu Purba ini diperoleh dari tulisan perwakilan Cina yang melewati negara itu sekitar pertengahan abad ke-13 Masehi. Perwakilan itu terdiri dari K'ang T'ai dan Chu Ying. Menurut laporan K'ang T'ai, yang dikutip oleh T'pai P'ing Yu Lan (ditulis antara 977-983 Masehi), raja pertama Funan adalah Houen-Chen (Hun-T'ien) atau nama Sanskritnya Kaundinya. Dikatakan beliau datang dari India atau dari Tanah Melayu atau dari Kepulauan Indonesia pada saat itu. Legenda setempat mengatakan bahwa Kaundinya menikah dengan seorang wanita bernama Daun Teratai (dalam sejarah Cina disebut Liu-Yeh). Setelah itu dikatakan Kaundinya menjadi raja.
Dalam sejarah Dinasti Chin ada yang menyebut tentang kerajaan Funan, yaitu:Lebar wilayahnya 3000 li, terdapat kota-kota bertembok, istana dan rumah didalamnya. Lelakinya bodoh dan hitam, rambut mereka keriting. Mereka mundar-mandir tanpa pakaian dan berkaki ayam. Mereka hidup secara mudah dan tidak mencuri. Mereka menjalankan pertanian. Disamping itu mereka gemar mengukir perhiasan dan memahat. Banyak pinggan-mangkuk yang mereka gunakan untuk makan diperbuat dari perak. Cukai dibayar dengan emas, perak, mutiara dan minyak wangi. Mereka mempunyai buku, arkib dan sebagainya. Tulisan mereka menyerupai tulisan Hou. Perkawinan dan upacara pengebumian mereka pada keseluruhannya sama dengan yang terdapat di Lin-yi. (B.R Chatterji;1964;18)
Namun dalam versi lain yang tertulis dalam inskipsi Champa ada yang mencatatkan, seorang Brahmana bernama Kaundinya telah menikah dengan seorang puteri bernama Soma, anak raja naga. Dari keturunan merekalah Funan dapat menaklukkan dan dapat memerintah. Sebelum kedatangan pengaruh India, kedudukan wanita dalam masyarakat sangat tinggi, malahan mereka menerima pemerintahan dari seorang wanita yang ditunjuk dari budaya Melayu yang paling toleran dan amat demokrasi dibandingkan dengan  budaya-budaya lain. Satu contoh lain yang terkenal adalah Ratu-ratu Pattani yang digambarkan dalam filem Queens of Langkasuka. Di dalam legenda Funan menyebutkan bagaimana Liu-Ye seorang raja perempuan Funan telah memimpin sekumpulan pelaut Melayu menyerang kapal-kapal perdagangan yang melintasi laut mereka.
Kerajaan Funan inilah yang dapat memberi kesan lebih sebagai kerajaan rumpun Melayu yang pertama (yang wujud dalam abad ke-1M hingga pertengahan abad ke-6M) atau jika dikembangkan lagi atas nama Kerajaan Chenla (mengingatkan pengasasnya memang warisan Funan) sampai 800M. Pusat pemerintahan Kerajaan Funan di Wyadhapura, bersebelahan dengan Phnom Penh, yang dihubungkan dengan terusan ke sebuah pelabuhan bernama Oc-eo atau Oc Eo di Vietnam, Provinsi Long Xuyen. Kerajaan Funan mempunyai wilayah sebagian besar Indo-China sekarang hingga ke negeri-negeri di utara Semenanjung Malaysia sekarang.
 Dalam abad ke-3M hingga ke-6M seluruh Thailand Selatan dan negeri-negeri di utara Semenanjung Malaysia sekarang ini berada di bawah Funan. Nama Kerajaan Funan ini sekaligus memberi makna “Melayu” itu sendiri. Perkataan Funan itu berasal dari ejaan bahasa Melayu modern yang ditranskripsikan ke bahasa Cina dengan wujud: Founan, Fou-nan atau Fou-Nan yang merujuk kepada Phnom bahasa “Melayu”- Mon-Khmer purba dalam bahasa Melayu kini ialah “Gunung”. Perkataan Phnom itu hidup sampai sekarang di Kamboja seperti pada nama ibu negaranya sekarang, Phnom Penh, itu yang jika diistilahkan dalam bahasa Melayu sekarang ialah “Gunung Banang” (“Gunung Banang” amat popular dalam puisi, nyanyian dan lagenda Melayu sehingga menjadi judul lagu asli, mungkin sebuah nostalgia Melayu dari Phnom Penh dan legenda Melayu mengatakan,konon dulu seorang adik Puteri Gunung Ledang itu namanya Puteri Gunung Banang yang diam di Gunung Banang di Johor). Ini menunjukkan bangsa yang berkerajaan di Kamboja itu adalah bangsa Uran Phnom (Orang Gunung; perkataan uran ialah transkripsi dari perkataan “Melayu” purba yang sudah ada di prasasti Campa abad ke-4M dalam aksara Hindia Palawa) yang disebut dengan pelat/logat Cinanya sebagai Orang Funan. Keturunan raja Funan ini lari dari Kamboja dan mendirikan kerajaan barunya di Jawa Barat, maka kerajaan baru itu dinamai Sailendra (abad ke-7M hingga ke-8M) kerana ingin mengingatkan akan asal-usulnya, “Orang Gunung” itu, kerana perkataan Sailendra/Silindra itu pun memang bermaksud “Tuan Mulia Orang Gunung”, malah ada istilah “Sailaraja” yang bermaksud “Raja Orang Gunung”.
Berbicara mengenai “Bangsa Gunung” ,satu lagi bukti tentang orang Melayu yang konon berasal dari “Orang Gunung” adalah sebuah tulisan Manansala, seorang sarjana sejarah. Beliau mencatat satu sumber China abad ke-3M lagi yang merujuk kepada bangsa Melayu sebagai Kunlun dalam ungkapan Kunlun-po yang berarti “kapal Orang Gunung” (po ialah sebutan China kepada perkataan “kapal” sekarang; sedangkan kunlun itu lafaz China dahulu (loghat/dialek lain) kepada pnom/phnom atau “gunung” itu, selain dari Funan itu. Kapal Kunlun ini diperihalkan oleh sejarawan China abad ke-3M yang bernama Wan Chen yang katanya sampai kira-kira 200 kaki (sekitar 60m) panjangnya dan setinggi 20 kaki (sekitar 6m), dan dapat memuat hingga 600-700 orang dan kargo seberat 900 ton (Fakta ini memang selalu dipetik oleh para pemuka teori “Budaya Gelombang” termasuk Geldern yang membuktikan kemampuan penghijrahan orang dahulu mengarungi samudera sekalipun, kesimpulannya, ialah betapa masyhurnya rumpun Melayu sejak abad ke-3M yang sekaligus menunjukkan kehebatan ilmunya, termasuk kepemimpinan dan kepengurusannya. Bukti Kapal masih dapat disaksikan lukisannya di dinding candi Borobudur di Yogyakarta, Jawa Tengah, itu adalah hasil binaan artefak rumpun Melayu zaman Sriwijaya dan Sailendra abad ke-8M. Candi Borobudur ini dianggap satu dari tujuh keajaiban di dunia, dari segi seninya lebih hebat dari piramid di Mesir. Catatan sejarawan China terkenal abad ke-7M bernama I-Ching (yang berada di Palembang beberapa tahun untuk menyalin kitab-kitab yang diminatinya dalam bahasa Melayu purba atau kuno ini), dengan jelas merujuk bahasa dan bangsa di Palembang itu sebagai bahasa dan bangsa Kunlun juga . Pengkaji sejarah Malaysia umumnya menggunakan istilah “Melayu purba” dan “Melayu kuno” (dengan nama “ancient Malay”) dengan maksud yang sama, untuk rumpun Melayu dari abad ke-2M hingga abad ke-12M (kedatangan Islam). Sebelum sumber China ini, mengatakan tentang Manansala itu juga, dalam sebuah tulisan orang Yunani dalam abad pertama Masehi, Periplus Maris Erythraei, yang diterjemah kedalam bahasa Inggris 1912 sebagai The Periplus of the Erythraean Sea (Pelayaran ke Lautan Hindia) yang diterbitkan oleh Longman dan baru-baru ini diberi ulasan lagi oleh Casson terbitan Princeton Univ. Press 1989 tentang perihal kapal-kapal dari tempat yang dinamainya Chryse di Kepulauan Melayu dan kapal itu dinamai Kolan-diphonta atau terjemahan harfiahnya “kapal-Kolan”, dan perkataan Kolan itu adalah versi Yunani yang diterjemahin dalam versi China, sebagai Kunlun.
Sebuah sumber dari China mengatakan, raja-raja Funan yang dicatat adalah Fan-shih-man (205M-225M), Fan Shi-Shen 225M (mati dibunuh oleh sepupunya Fan Chan), Fan Chan (225M-330M), Fan Hsun (240/245M-250/285M), Jayavarman (yaitu Jayavarman I, yg memerintah 478M-514M), Rudravarman (yang memerintah 514-539M dan dianggap raja Funan terbesar yang terakhir). Mengikut sumber lainnya (Hindu dan prasasti), terdapat beberapa orang raja Funan lagi seperti Chandan yang memerintah sekitar 350M, Bhavavarman I sekitar 560M-570M dan Isanavarman (616-635M), walaupun beberapa ahli sejarah mengatakan Bhavavarman I dan Isnavarman adalah raja Chenla, karena dalam masa itu Chenla dan Funan dalam proses penyatuan, penyerapan atau pendominasian seperti yang dibicarakan nanti, malah Isanavarman dianggap menawan Funan pada 628. Pada puncaknya (kira-kira abad ke-5M), Kerajaan Funan menguasai daerah delta Mekong (sebagian besar dari Kamboja dan Vietnam sekarang yang masa itu dikenali sebagai Campa dan Dai Viet), sebagian besar Thailand sekarang (masa itu terkenal dengan Siam), Myanmar Selatan sekarang, hingga sebagian besar Semenanjung Malaysia sekarang yang pada masa itu dikenal sebagai Langkasuka.
2.    Perkembangan Kerajaan Funan
Kemajuan Kerajaan Funan dalam bidang ilmu pengetahuan menyebabkan Dinasti China mengimport sarjana-sarjana Funan seperti Nagasen (sarjana yang diutus ke China 480M), dan Madrasena (sarjana yang diutus ke China pada 503M) untuk mengajari pegawai-pegawai dan cendekiawan China. Lihat, dahulu bangsa Melayu seorang pakar ilmu dalam berbagai bidang ilmu sehingga Emperor China pun terpaksa meminjam sarjana Melayu untuk mengajari mereka. Tidak heran ketika era Sriwijaya, kelayakan seorang pendeta Buddha di China tidak lengkap jika tidak mendapat pengiktirafan dari universitas-universitas Sriwijaya.
Kerajaan Funan juga mempunyai sistem percukaian sendiri (termasuk impot-ekspot), dan perniagaan yang cukup mantap. Sebagian dari kemampuan ini dikarenakan Funan mempunyai sistem angkanya sendiri yang mengandung angka (simbol nomor) sifat/kosong yang tertua di dunia (berakhir pada awal abad ke-7 seperti yang disebut di atas, dan besar kemungkinannya dalam abad ke-6 lagi) jauh lebih awal daripada sistem angka Muslim atau Hindu yang biasanya dikatakan tertua di dunia. Kajian akan kemasyhuran Kambujadesa dimulai abad ke-7 Masehi yang dilakukan oleh Sharan (1974) itu sedikitnya dapat juga memberikan gambaran lebih terperinci akan pencapaian pengurusan Funan, walaupun kajian semuanya berasaskan prasasti Kamboja yang dalam bahasa Sanskrit saja. Kajian sepertinya untuk prasasti dalam bahasa Non-Khmer purba itu nampaknya belum dilakukan hingga kini.
Puncak kerajaan Chenla ini di bawah raja yang bernama Jayavarman I sekitar 750M. Tidak heran ahli-ahli sejarah Kampuchea yang  menganggap kerajaan Funan sebagai kerajaan pra-Chenla, pra-Kambujadesa atau pra-Angkor, kerana kemasyhuran Kampuchea bermula dari kemasyhuran Kerajaan Funan dan puncaknya saat Kambuja yang berpusat di Angkor menjadi terkenal melalui bangunan  Wat/Vat Angkor pada abad ke-12M yang terkenal sebagai salah satu dari keajaiban dunia, walaupun secara resminya nama Kambujadesa bermula pada pertengahan abad ke-10M, yaitu zaman Raja Khmer purba yang bernama Rajendravarman seperti yang diterangkan sebelum ini. Namun beberapa ahli sejarah mengatakan nama Kambujadesa atau Kambuja (dengan ejaan Rumi Melayu-nya mulai abad ke-20M sebagai Kamboja karena masalah perubahan ejaan dari asal ke Jawi dan ke Rumi) itu dipakai antara 9M hingga 13M. Jelaslah Kambujadesa (atau Kamboja saja, yang mengikut ejaan Rumi Melayu-nya, Kemboja, dan ejaan yang dipengaruhi oleh Perancis atau Inggris ialah seperti Kamboja, Cambodia, Cambodge dan kini Kampuchea) memang sukar dipisahkan dengan Funan dan kerajaan rumpun Melayu purba.


3.    Bukti-Bukti Sejarah Kerajaan Funan
Jika dihitung dari prasasti yang direkam oleh Majumdar (1953), zaman kerajaan Funan-Chenla terdapat peninggalan kira-kira 200 buah prasasti (batu bersurat) yang 80 dari dalam bahasa Non-Khmer purba, dikatakan terdapat hubungan dengan bahasa Melayu Purba paling tua sekitar 531 Syaka/Saka/Shaka (=609M). Prasasti zaman Funan sebenarnya (sebelum abad ke-6M) diceritakan oleh Muhammad Alinor (pengkaji gigih kemasyhuran Funan di UKM) hanya sebanyak 11 buah juga dalam bahasa Sanskrit dan Non-Khmer. Di antara prasasti Funan-Chenla itu ada simbol sifat yang paling tu (awal abad ke-7M), sekaligus kita boleh menyimpulkan sistem angka perpuluhan yang tertua di dunia dalam wujud prasasti zaman kemasyhuran Funan-Chenla ini kalaupun bukan zaman kerajaan Funan sebenar-benarnya. Walau bagaimanapun,yang jelas bahasa pada prasasti Funan ialah Sanskrit dan Non-Khmer saja,dikemukakan oleh Sharan (1974) Funan mempunyai bahasanya sendiri (rumpun Melayu) yang menggunakan aksaranya sendiri (dipercaya diperkenalkan dari Saka atau Syaka, seorang Brahmin India di Funan) yang berasaskan aksara Sanskrit tersebut.
4.    Jatuhnya Kerajaan Funan
Pengganti kerajaan Funan adalah sebuah negeri seperti Funan juga (Chenla namanya, tetapi mungkin sekali suku kaum yang berbeda, walaupun serumpun), bahkan raja Chenla yang merupakan keturunan dari Raja Funan, Bhavavarman I, cucu raja Funan yang  bernama Rudravarman. Sepertinya Bhavavarman I sadar akan kemungkinan besar beliau tidak akan mungkin menjadi raja Funan, maka iapun menikah dengan seorang putri raja Chenla (negeri di daerah Laos sekarang tetapi dahulu adalah kerajaan di bawah naungan Funan) yang nantinya akan menjadi raja karena ketiadaan putra raja, saat ia menjadi raja Chenla, ia mampu mengalahkan Funan. Dengan kemenangan itu, Bhavavarman I (walau berasal dari keluarga raja Funan tetapi dipengaruhi oleh permaisurinya) mula mengikis kebudayaan Funan dengan men-Chenla-kan (meng-Kambuja-kan).
Kerajaan Funan pada zaman raja Funan-Chenla bernama Isnavarman dikatakan berjaya sepenuhnya dalam penyatuan Funan dengan Chenla dengan menumbuhkan seorang ibukota kerajaan yang baru bernama Sambor sekitar 40km dari Angkor. Tidak heran penaklukan Funan oleh cucu raja Funan itu sering dianggap sebagai kejatuhan Funan dan bermulanya sebuah kerajaan baru, yaitu kerajaan Chenla, yang merupakan tunas pembentukan kerajaan Khmer purba yang dikenali sebagai Kambujadesa dan kemudian dikenal oleh ahli sejarah barat sebagai Empayar Angkor.
B.  Kerajaan Chenla
1.    Sejarah  Kerajaan Chenla
Awal berdirinya kerajaan Chenla sudah dijelaskan seperti di atas, melalui kerajaan Funan yang dijatuhkan oleh sebuah negeri seperti Funan yang dikenal oleh Khmer sebagai Kambuja atau Chenla melalui catatan China pada pertengahan abad ke-6M. Kerajaan baru ini mulai dikenal  pada 613M kala ibukota kerajaannya dipindah ke Isanapura di Sambor Prei Kuk di daerah yang kini dinamai Kampong Thom di Kampuchea. Namun kerajaan baru ini tidak dapat bertahan di pesisiran pantai karena serangan orang-orang dari Malaysia dan Indonesia yang mereka kenal sebagai Jva sahaja (sama seperti Arab menyebut orang Jawa atau Jawi hingga sekarang) yang tentunya dari kerajaan Sailendra/Saliendra berpusat di Jawa yang berkuasa besar pada waktu itu. Sebenarnya kerajaan Sailendra ini diasaskan oleh raja Funan yang lari ke Jawa saat dikalahkan oleh raja Chenla. Karena itu kerajaan Chenla/Kambuja pengganti Funan itu mundur kebagian pedalaman Kampuchea dan membangun kekuatan disana yang dimulai dari seorang raja yang bernama Jayavarman II (merupakan keturunan dari raja Kambuja atau Chenla yang menjatuhkan Funan dulu, malah Jayavarman I adalah raja Funan 478-514) yang berjaya dengan memperkuat tahta kerajaannya dengan menganggap dirinya sebagai deva-raja pada 802 dan memerintah sampai 834. Jayavarman memang bermakna “pelindung yang berjaya”. Ada ahli sejarah yang menganggap dia adalah raja paling terkenal Khmer purba yang pertama juga sering di rujuk sebagai raja terkenal Angkor yang pertama, atau pelandas/pembangun Angkor.
Kebesaran kerajaan Chenla mulai dilakukan dimasa pemerintahan Isanavarman, putra dari Mahendrawarman yang kemudian mulai mempersatukan atau menggabungkan Funan dan Chenla menjadi satu ( 627 ). Ia dikenal pula sebagai seorang penakluk. Banyak kerajaan yang ditaklukannya. Pusat pemerintahan terdapat di kota Isanapurat sebagai kota bandar di lembah Sungai Mekong, hanya dengan kerajaan Champa ia memelihara hubungan baik bahkan ia telah mengawini puteri Champa. Berdasarkan berita Cina, Isanawarman memerintah sampai tahun 635. Adapun prasasti terakhir yang dikeluarkan bertarich tahun 628 / 629. Pada tahun 706, kerajaan Chenla dipecah menjadi 2 bagian yakni Chenla selatan dan Chenla utara. Mengenai sejarah Chenla Utara dapat diketahui dari berita-berita Tionghoa atau Cina. Nama yang dipakai untuk Chenla adalah Wen-Tan. Daerahnya sampai di Junnan Penduduknya terdiri dari bangsa Thai. Kerajaan itu juga menyelenggarakan atau menjalin hubungan perdagangan dengan Cina. Berturut-turut dilaporkan tentang kedatangan duta-dutanya di istana kaisar di Cina. Sumber-sumber yang menceritakan tentang sejarah Chenla Utara sangat sedikit sekali. Sementara itu di Chenla Selatan, sepeninggal Jayawarman I terjadi perebutan supremasi antara dinasti Aninditapura, Nyadhapura dan Sambhupura. Permusuhan itu akhirnya dapat diselesaikan dengan jalan perkawinan politik, hingga Chenla Selatan dapat bersatu kenibali. Adapun yang dapat dianggap mempersatukan keutuihan Chenla Selatan adalah Sambuwarman Pusat pemerintahan terdapat di Armker-Boraio.
Selanjutnya raja-raja yang memerintah sampai akhir abad 10 sangat sedikit sekali yang diketahui. Sejarahnya diketahui hanya menceritakan tentang hasil-hasil seni bangunan, bukan kejadian yang berbau politik.
2.    Perkembangan Kerajaan Chenla
Kebesaran kerajaan Chenla mulai dilakukan dimasa pemerintahan Isanavarman, putera dari Mahendrawarman yang kemudian mulai mempersatukan atau menggabungkan Funan dan Chenla menjadi satu ( 627 ). Ia dikenal pula sebagai seorang penakluk. Banyak kerajaan yang ditaklukannya. Pusat pemerintahan terdapat di kota Isanapurat sebagai kota bandar di lembah Sungai Mekong, hanya dengan kerajaan Champa ia memelihara hubungan baik bahkan ia telah mengawini puteri Champa. Berdasar berita Cina, Isanawarman memerintah sampai tahun 635. Adapun prasasti terakhir yang dikeluarkan bertarich tahun 628 / 629.
Pada tahun 706, kerajaan Chenla dipecah menjadi 2 bagian yakni Chenla selatan dan Chenla utara. Mengenai sejarah Chenla Utara dapat diketahui dari berita-berita Tionghoa atau Cina. Nama yang dipakai untuk Chenla adalah Wen-Tan. Daerahnya sampai di Junnan Penduduknya terdiri dari bangsa Thai. Kerajaan itu juga menyelenggarakan atau menjalin hubungan perdagangan dengan Cina. Berturut-turut dilaporkan tentang kedatangan duta-dutanya di istana kaisar di Cina. Sumber-sumber yang menceritakan tentang sejarah Chenla Utara sangat sedikit sekali.
Sementara itu di Chenla Selatan, sepeninggal Jayawarman I terjadi perebutan supremasi antara dinasti Aninditapura, Nyadhapura dan Sambhupura. Permusuhan itu akhirnya dapat diselesaikan dengan jalan perkawinan politik, hingga Chenla Selatan dapat bersatu kenibali. Adapun yang dapat dianggap mempersatukan keutuihan Chenla Solatan adalah Sambuwarman Pusat pemerintahan terdapat di Armker-Boraio.
Selanjutnya raja-raja yang memerintah sampai akhir abad 10 sangat sedikit sekali yang diketahui. Sejarahnya diketahui hanya menceritakan tentang hasil-hasil seni bangunan, bukan kejadian yang berbau politik.
3.    Bukti-Bukti Sejarah Kerajaan Chenla
Bukti historis bahwa sebagai pendiri kerajaan Chenla disebut-sebut nama Bhawawarman  ( 550 - 600 ) dan Mahendrawarman ( 600 - 611 ) ke duanya kakak beradik dari kelompok militer. Mereka dikenal sebagai pemuja Siwa dan Indra.
Terdapat juga beberapa prasasti yang ditinggalkan oleh para Raja Chenla, yaitu: RajaBhavavarman II, berdasarkan prasasti adalah tahun 657, tetapi mungkin juga ia memerintah sebelum itu. Ia memerintah selama selama 40 tahun. Banyak meninggalkan hasil bengunan dan prasasti, selama pemerintahannya ditandai dengan perang penaklukan. Dari sebuah prasasti diketahui bahwa jandanya bernama jayadewi menggantikannya, tetapi pada saat itu berkobar untuk membebaskan diri dari daerah yang dikuasainya.
Pada zaman Chenla ini dibidang keagamaan patut dicatat bahwa agama budha tidak lagi mendapat tempat yang istimewa seperti pada jaman Funan, kedudukannya digantikan oleh agama Hindu terutama pemuja Siwa dalam bentuk Harihara (Siwa dan Wisnu dipersekutukan) seperti biasa dilakukan di Pallawa pada sekitar tahun 450.
Kebanyakan prasasti ditulis dalam bahsa sansekerta tetapi ada juga dalam bahasa Khmer. Bagaimanapun tampak bahwa pengaruh kebudayaan asli nampak kuat, seperti misalnya adanya bukti dalam prasasti yang menunjukan bahwa betapa pentinggnya garis keturunan matryiarchat.

4.  Jatuhnya Kerajaan Chenla
Kerajaan Chenla mulai jatuh diakibatkan adanya perpecahan untuk kedua kalinya yang jelas melemahkan kekuatan Cenla. Kedaulatannya atas daerah yang sekarang bernama Thailand dan Malaya lepas. Bahkan kelemahannya ini menimbulkan keberanian kekuatan luar untuk menyerang Cenla. Pada akhir abad ke delapan Cenla Hilir diserang oleh perompak dari “Jawa”, yang dimaksud mungkin serangan dari Jawa, Sumatera atau Semenanjung Melayu. Sebuah Prasasti di Jawa menceritakan bahwa negeri itu dikalahkan oleh Sanjaya (prasasti Canggal 732). Sementara itu seorang pengarang Arab bernama Abu Zaid hasan (abad Ke-10) menceritakan kisah pengembaraan seorang saudagar bernama Sulaiman yang mengembara ke daerah ini pada tahun 851, yang mengetahui adanya serangan tentara Jawa atas Cenla pada akhir abad ke- 8.
C.  Kerajaan Angkor
1.    Sejarah  Kerajaan Angkor
Kelahiran Angkor adalah hasil suatu reorganisasi sempurna dari seluruh masyarakat Khmer, sebuah revolusi yang tidak pernah diperkirakan orang, yang rata-rata hanya memperhatikan pembaharuan kesenian dan agama. Karena tidak ada peninggalan tertulis, maka diperkirakan Angkor lahir dari dalam lingkungan Khmer sendiri, bukan karena chen-la diduduki secara militer. Dari sudut sejarah, faktor berdirinya Angkor diketahui berasal dari luar yaitu pengaruh dari Nusantara.
Selama berabad-abad, daerah yang dikuasai hanya disekitar delta Sungai Mekong dan Kamboja Tengah, berada di bawah kekuasaan Kerajaan Jawa (sekarang Indonesia). Tapi pada tahun 802, Pangeran Khmer Jayavarman II, yang dilahirkan dan dibesarkan di istana Kerajaan Jawa pada masa dinasti Sailendra, menyatakan bahwa wilayah yang didiami oleh orang Khmer, lepas dari Jawa. Dan kemudian mendirikan kerajaan baru, yaitu Kerajaan Angkor. Pangeran Javawarman II dinobatkan sebagai Devaraja (Tuhan raja) oleh seorang pendeta Brahmana. Di tahun-tahun berikutnya, Jayavarman berkali-kali memindahkan ibu kotanya. Pertama-tama di Indrapura (sebelah timur Kampong Cham), kemudian ke Wat Phou (sekarang Laos ujung selatan) dan terakhir di Rolous (dekat Angkor).    
2.    Perkembangan Kerajaan Angkor
Perkembangan pesat terjadi kala pemerintahan Raja Rajendravarman. Dalam bidang politik, Rajendravarman memperluas kekeuasaannya sampai ke Champa dan pada tahun 945-956 M, pasukannya mengobrak-abrik Po Nagar di Nha-trang. Putranya Jayavarman V menggantikannya pada tahun 968 M dan memerintah sampai 1001 M. Ia melanjutkan politik ayahnya terutama memperkokoh kekuasaan Khmer atas wilayah Champa.
Sejarah Khmer pada abad ke X lebih banyak memuat catatan tentang perkembangan seni bangun dibandingkan dengan peristiwa politik. Keterangan yang biasa diperoleh dari berita Cina pda waktu itu di Cina kadang sedang terjadi jaman kekacauan (akhir jaman Tang, dan jaman Lima Dinasti). Sumber sejarah adalah prasasti saja, sedangkan prasasti hanya berisi tentang hal Dewaraja dan istana saja. Peranan raja sebagai titisan dewa begitu mulia sehingga tidak mungkin melaksanakan tindakan pemerintahan. Dapat diperkirakan bahwa sesungguhnya yang melaksanakan pemerintahan adalah segolongan bangsawan kerabat dan pembesar-pembesar keagamaan.
Pada tahun 1002-1050 memrintah raja besar, Suryawarman I. Ia manggantikan raja Udayadityawarman I (1001-10020). Bangunan yang didirikan pada masanya adalah “Phimeanakas” (istana langit) dan Ta Keo (candi pertama yang dibuat dari batu pasir). Menurut sebuah prasasti di lopburi menyatakan bahwa kerajaan meliputi kerajaan Mon di Dwarawati, negeri melayu di Tambralingga yang kemudian bernama Ligor, menurut catatan local. Ia menaklukan lembah Mekong (sampai Ciengsen).
Suryawarman II adalah pendiri candi yang mashur Angkor Wat. Rumah pemujaan ini jelas mazhab Wisnu, terdapat patung Wisnu ditempat bpemujaan, pada waktu itu mazhab Wisnu nampaknya menjadi terkemuka walaupun mazhab Syiwa masih berpengaruh.
Kebesaran Angkor dipengaruhi oleh  Kemasyhuran Funan dengan kemasyhuran Angkor memang akrab sehingga seni bangunan Angkor dengan Funan memang sukar dibedakan seperti yang dipaparkan dalam buku Briggs (1951/1999).
3.    Bukti-Bukti Sejarah Kerajaan Angkor
Salah satu bukti nyatanya adalah pembangunan Angkor Wat, kemudian buku Catatan Zhou Daguan setebal 40 halaman ia mencatat secara rinci adat istiadat Kamboja berdasarkan pengamatannya atas masyarakat Khmer. Catatannya antara lain terkait keagamaan, sistem peradilan, kerajaan, pertanian, perbudakan, aneka burung, sayur-sayuran, kebiasaan mandi, busana, peralatan, peternakan dan pemanfaatan hewan, serta perdagangan. Dalam satu catatannya ia menggambarkan prosesi kerajaan berupa iring-iringan prajurit, berbagai abdi perempuan dan selir, para menteri dan pangeran, serta diakhiri "Sang Maharaja berdiri di atas gajah dengan menggenggam pedang suci di tangannya." Bersama dengan berbagai prasasti Angkor, candi, monumen, serta bas-relief di Bayon, catatan Zhou adalah salah satu sumber informasi penting mengenai kehidupan sehari-hari di Angkor. Dipenuhi dengan anekdot yang nyata serta pengamatan mendalam atas peradaban yang dianggap Zhou sebagai peradaban yang berwarna dan eksotik, serta merupakan memoir perjalanan yang menarik.
4.    Jatuhnya Kerajaan Angkor
Setelah Jayavarman VII, di Angkor tidak ada lagi raja yang patut dicatat. Ibu kota masih ada dan penampilannya tidak berubah. Teks-teks Cina, Tcheu Takuan, pengembara terkenal yang mengunjungi Kamboja pada tahun 1295 M masih menggambarkan sebagai kota terkaya, rajanya yang paling berkuasa di laut-laut selatan. Sampai tahun 1430, raja-raja Khmer tetap memerintah di Angkor.
Penyebab lainnya dalam bidang ekonomi kerajaan ini berada dalam keadaan bahaya. System hidrolis yang dimiliki Angkor perlu pemeliharaan dan perkembangan agar tidak dipenuhi lumpur dan macet. Dengan melemahnya kekuasaan raja maka semakin menuju kebangkrutan ekonomi karena hanya raja yang mampu mengelolo jaringan raksasa ini. Tak ayal lagi pertanian di Angkor semakin menurun dan berakibat pada menurunnya jumlah penduduk. Selain itu wabah penyakit malaria ikut memperparah kejatuhan Angkor.
Kehilangan Angkor dipercepat oleh serbuan Thai yang bertubui-tubi dan merusak. Setelah kota-kota di Angkor dapat direbut oleh musuh-musuh mereka lalu di rampas kekayaannya dan dibakar. Maka orang Kamboja meninggalkan Angkor.























Lampiran
Salah satu contoh gambaran kerajaan Funan,Chenla dan Angkor yang diambil dari www. google.com:

1.Gerbang Angkor Thom                                2.Reruntuhan Kerajaan Funan
3.Candi Angkor Wat







BAB III
PENUTUPAN

A.  Kesimpulan
Setelah melihat deskripsi tentang Kerajaan Funan, Chenla dan Angkor dapat kita pahami bahwa ketiganya adalah salah satu contoh Kejayaan peradaban masa lalu yang dapat menjadi gambaran betapa berkembangnya Kebudayaan dan peradaban masyarakat pada masa lalu dalam konteks masa Kuno, yang sudah mulai mengenal adanya sistem pemerintahan, Kebudayaan, perdagangan dan yang lainnya. Sehingga Ketiganya menjadi salah satu bagian dari Sejarah Asia Tenggara Kuno yang perlu dipelajari untuk diambil pelajaran sehingga bisa diterapkan di masa sekarang. Dari ketiganya pula kita mendapati satu hal menarik dari sana, yaitu adanya satu benang merah diantara ketiganya yang saling mempengaruhi pada saat pendiriannya dan keruntuhan masing-masing kerajaan. Contoh saja seperti pengaruh berdirinya kerajaan Funan akan berdirinya kerajaan Chenla. Penyebab kejatuhan masing-masing memang tak jauh berbeda yaitu akibat serangan kerajaan lain.
B.  Saran
Setelah memahami perkembangan ketiga kerajaan tersebut, penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan tentang kerajaan Funan, Chenla dan Angkor yang sebelumnya masih terasa asing ditelinga kita. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Jadi penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun baik dari dosen maupun dari teman-teman semua. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kita semua.










DAFTAR PUSTAKA
http:///wikipedia.co.id diakses pada 04 September 2012
(Inggris) UNESCO: International Programme for the Preservation of Angkor- diakses 08 September 2012
Wiharyanto, A.Kardiyat, 2005. Asia Tenggara Zaman Pranasionalisme, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
Hall, D.G.E, 1988. Sejarah Asia Tenggara, Surabaya : “Usaha Nasional”

1 komentar:

  1. Permisi, ane jadiin referensi tugas ya

Posting Komentar